PESONA DANAU PANIAI YANG MENAWAN


Danau Paniai yg menawan dan indah, yg jarang diekspose wartawan. Indah krn terletak diantara gugusan kaki gunung2 kecil dibagian barat dan hamparan lembah hijau dibagian timur. Bibir danau juga berbatasan langsung dgn deretan kaki2 gunung kecil yg elok seperti kunuubo, muye,obano yg diakhiri di gunung yagaikago di utara danau, yg berlanjut dgn hamparan hijau di bagian timur kampung kebo sampai distrik agaapo membentuk alam hijau indah yg alami. Lembah hijau ini dibelai oleh sungai aga dan kali weya yg setiap detik tak henti2nya mengalirkan air ke danau paniai. Sementara itu di bagian timur ditengah hamparan rumput hijau terlihat ada berdiri bukit kecil dan kampung dagouto dgn gugusan gunung yg serasa melengkapi alam wissel meren yg elok. Dan juga ke arah barat terdapat sebuah danau kecil tage yg berwarna amat biru dgn tampak kejauhan berdiri kaki bukit gunung tertinggi di wilayah Meepago yaitu gunung deiyai. Gunung Deiyai ini, selain menjulang tinggi juga dibalut tebing2 batu putih nanti indah di selingi semak2 pohon kerdil yg jd ekosistem langkah di bumi.
Klau dari view bukit kota enaro, ibu kota kab Paniai akan terlihat danau Panai gagah, hamparan air yg lebih luas dari danau sentani Jayapura. Semua keindahan ini terpapar rapi, terbalut indah dlm keserasian alam beriklim sejuk kedinginan serta dibalud embun gunung deiyai yg indah di kejauhan sana serasa melengkapi alam wisel yg didiamu suku Mee. Keindahan salah satu alam yg ada diwissel meren ini, sayang... tersembunyi di balik pegunungan tengah bagian barat pada ketinggian 3000 meter di atas muka laut. Yang membuat pesona wisata danau Paniai-nya sampa hari ini masih tertidur dan perlu digali potensinya. Beberapa terobosan hrs dimulai, Contohnya bagaimana bukit atas kunuubo bisa dibangun pusat wisata misalnya patung yesus seperti di brazil. Krn Dikaki bukit ini ada kampung tradisional dgn 80 KK yg menganut agama adat bunani/edaage (yg percaya pada langsung pada meepoya sbg Allah). Mereka berkoteka dgn peralatan makan dan pertanian semuanya dr jaman tradisional seperti, kapak batu dan piring makan kayu serta tradisi bakar batu atau pesta kadakaga. Kampung ini akan jd wisata sekaligus peneliti para antropolog yg sangat menantang. Selanjutnya dari kota enaro selain dgn pogram penydiasn motor boat wisata juga bisa dibangun jembatan gantung bentang 300 meter melintasi teluk bobaigoo yg juga outlet kali yawei menuju kab Deiyai dan urumka serta kokonao, mimika. Jembatan ini harus fenomenal seperti golden bridge di amerika krn berada di teluk kunuubo yg indah. Selain Perlu dibangun jalan lingkar danau dgn konsep ekowisata yg artinya desain jln dgn trase untuk menjual pesona danau paniai tanpa merusak alamnya. Tapi jauh sebelumnya Pemda harus dibuat tata ruang danau Paniai, dgn konsep bukit2nya ditanami pohon pinus, air danau dibersihkan dari enceng gondok yg bisa buat dangkal atau tamatkan riwayatnya. Tata ruang wisata ini haus dipegang oleh badan otorita yg terdiri dari investor wisata yg gandeng dewan adat Meepago dan pemilik ulayat.
Untuk tuntaskan pekerjaan Wisata Danau Paniai tidak semudah balik telapak tangan. Perlu waktu 20 tahun dan dibangun 3 orang bupati secara berkelanjutan. Misalnya pekerjaan dimulai Tahun 2017 sampai dgn tahun 2037, dimana Bupati Pertama membuat Tata Ruang dari kosultan Singapura atau Amerika dgn konsep Desain sekali, fisik bertahap. Desain hrs tuntas dan disetujui para stakeholder terkait. Bupat ke dua, program menanam pohon pinus dan membangun jaringan jalan serta menjaga situs2 bersejarah org Mee, kerajinan tangan, warisan leluhur dan kampung adat sert noken ( anggrek) yg telah diperjuangkan Titus Pekei sebagai warisan dunia dll....selanjutnys Bupati yg ketiga, membangun jembatan gantung serta patung yesus dan sarana prasarana lainnya. Bupati2 ini pasti berganti orang, dgn aneka kelakuannya sehingga perlu diawasi Dewan Otoritas Adat dan pemilik modal serta pemilik negeri Wissel Meren. Semuanya prlu hati utk bangun serta jiwa keberpihakan ....dan mulai dr skr ini, agar tidak terlambat, perlu satu hati satu tujuan....agar semua tidak hancurkan Alam nan Indah pemberian Allah Pencipta kepada org Mee, sekaligus menjagai alam leluhur sbg bukti memuliahkan akan Allah Pecipta, Allah Meepoya dan Allah Meenaka. (Awi jr, medio sept 15).

sumber penulis: https://www.facebook.com/awikaituma.awikaituma/posts/1615651125365305:0

, , ,

0 Memberikan komentaran anda "

Write Down Your Responses

Redaksi menerima komentar terkait Berita yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi dan menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak mengubah dan menghapus komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berbau pelecehan, intimidasi, berisi fitnah, atau bertendensi suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). - Terima Kasih! Hak CIPTA © :