Sugapa & Kepala Suku Moni dengan 22 Istri


Sugapa - Pada hari perdana pendakian Carstensz, tim jurnalis tiba di Desa Ugimba dengan pesawat carter dari Timika. Ugimba sungguh merupakan desa yang menarik dengan kisah kepala Suku Moni yang punya 22 istri.

Sugapa yang masuk dalam Kabupaten Intan Jaya, merupakan awal pendakian tim jurnalis menuju Puncak Carstensz. Pesawat carteran kami meninggalkan Timika pada Sabtu 15 Agustus 2015 pagi, melintasi Pegunungan Jayawijaya. Dari Timika, Desa Sugapa berada di belakang Pegunungan Jayawijaya.

Setelah mendarat di bandara perintis itu, Maximus Tipagau, selaku ketua Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz 2015 dan ketua Yayasan Somatua mengajak tim jurnalis untuk berjalan-jalan di Sugapa. Sepanjang jalan, kami disuguhi perbukitan hijau. Para mama -sebutan untuk wanita yang sudah menikah- membawa tas noken di kepalanya yang berisi hasil bumi sampai kayu.

Untuk rumah-rumah di Sugapa, kebanyakan sudah memakai tembok dan seng sebagai atap. Rumah-rumah honai, alias rumah adat yang bentuknya seperti jamur, sudah jarang ditemukan di sana.

Sekitar 20 menit berjalan kaki dari pusat Sugapa, tim jurnalis akhirnya bertemu dengan kepala Suku Moni, Oktovianus Sondegau.. Dia tinggal di dekat Sungai Wabu dan rumahnya masih berupa honai. Rumah-rumah adat ala suku-suku yang mendiami kawasan pegunungan di Papua.

"Umurnya sudah 75 tahun, dia punya istri 22," kata Maximus sembari mengajak tim jurnalis bersalaman dan berfoto-foto dengannya.

Perawakannya sederhana. Giginya sudah ompong dan tubuhnya bungkuk. Sayangnya, Oktovianus tidak bisa berbahasa Indonesia dan jadilah Maximus sebagai penerjemahnya.(wavo/admin/wempi).

, , ,

0 Memberikan komentaran anda "

Write Down Your Responses

Redaksi menerima komentar terkait Berita yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi dan menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak mengubah dan menghapus komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berbau pelecehan, intimidasi, berisi fitnah, atau bertendensi suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). - Terima Kasih! Hak CIPTA © :